Sunday, 23 February 2020

Belajar Menulis 6 Bersama OMJAY

MERUBAH PTK MENJADI BUKU BERSAMA LUKMAN HAKIM S.Pd.,M.Pd.

Jum'at 21 Febuari 2020

RESUME KE 6

Pemateri : Bapak Lukman Hakim,S.Pd.
Beliau adalah seorang guru fisika sekaligus penulis, beliau menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Profesi Guru (P3G) Jawa Timur, sebuah lembaga yang bergerak dalam pelatihan penyusunan PTK dan buku, CEO Penerbit Delta Pustaka, sebuah penerbit indie yang menerbitkan buku, Ketua Penyunting Jurnal Inovasi Pembelajaran SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto, dan Owner Kanal Video Youtube: Kelasku Online. Penulis dapat dihubungi melalui surat elektronik: pakne.niswah@gmail.com dan telepon/SMS/WA:085850000784

Banyak ilmu yang bisa kita petik dari beliau...salah satunya adalah mengubah PTK menjadi buku.Beliau Mengirim file youtube dalam menyampaikan materi,dan itu menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk menulis resumenya.

Menurut beliau PTK adalah sebuah penelitian yang praktis karena PTK mempunyai kelas tertentu,responden tertentu,dan perlakuan tertentu dalam periode yang praktis,,sehingga dalam menjadikan PTK sebuah buku diperlukan pengembangan sehingga buku kita memang layak cetak.buku yang dicetak minimal 80-100 halaman,semakin banyak maka akan semakin baik.

Kerangka yang dipakai dalam merubah PTK menjadi buku adalah kerangka dari isi buku dalam pendidikan terdiri dari 

  1. Pengantar
  2. Daftar Isi
  3. Bagian Pendahuluan 
  4. Bagian isi(dapat terdiri dari beberapa bab/bagian sesuai dengan isi pengetahuan yang disajikan . massing-masing bab/bagian serupa dengan bagian isi buku.
  5. Bagian Penunjang (Daftar kepustakaan, data diri penulis) berupa lampiran.
dalam pembuatan judul buku harus singkat dan padat,menarik perhatian, menggambarkan isi buku,provokatif(berkesan,ketertarikan pembaca/rasa penasaran yang lebih tinggi) dan mudah diingat karena judul merupakan jendela/pintu, karena yang pertama kali dilihat oleh orang adalah judul buku. buatlah sinopsis yang bisa menarik perhatian pembaca.sehingga pembaca akan semakin penasaran.sehingga punya nilai jual.

Langkah-langkah membuat judul buku
  • Tulis topik buku anda(Judul PTK:Model, media atau gabungan antara ke2nya)
  • Buat menjadi lebih spesifik
  • Tambahkan Power words(kekuatan kata yang akan menjadi penekan)misalnya Kata benda(rahasia,trik,kekuatan,Keajaiban),kata sifat(Mudah,sederhana,jitu ,ampuh,gratis,cepat,penting). Kata kerja(mendongkrak,melipatgandakan,melejitkan, menyingkap)
  • Minta masukan teman
contoh judul PTK menjadi buku yang dibuat oleh beliau
Judul PTK: APLIKASI REAL-TIME BUZAN MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENANGANAN LIMBAH UNTUK MENINGKATKAN HASSIL BELAJAR SISWA KELAS XI-AK.1 SEMESTER 2 SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
JUDUL BUKU
  • APLIKASI MIND MAP DALAM PEMBELAJARAN IPA
  • PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MIND MAP
  • MELEJITKAN HASIL PEMBELAJARAN IPA DENGAN MIND MAP
  • KEAJAIBAN MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA
Ada 2 hal cara konversi PTK jadi buku yaitu 
pertama
dengan cara meringkas karya tulis ilmiah :skripsi,tesis,disertasi.karena ketiganya merupakan karya tulis yang lebih rinci, deskripsi teorinya lebih banyak
Kedua
Menambahkan :PTK,PTS,BEST PRAKTICE., ketiganya cenderung singkat.

Cara membuat Outline naskah Per bab
Outline nasskah bab I
PTK
PENDAHULUAN
  • latar belakang
  • rumusan masalah
  • Tujuan penelitian 
  • pentingnya penelitian 
  • penegasan istilah
  • ruang lingkup penelitian
BUKU
PENDAHULUAN
  • Kondisi ideal yang diharapkan
  • permasalahan yang dihadapi\
  • Solusi atas permasalahan yang dihadapi
ambil tulisan yang ada di latar belakang PTK masukkan dibagian pendahuluan buku,bagian judul PTK dihapus, sunting dengan kata-kata yang lebih populer

Outline naskah Bab 2
PTK
KAJIAN PUSTAKA
  • Konsep mind map
  • Hakikat Pembelajaran IPa di SMK
  • Hasil Belajar IPA
BUKU
  • Setiap sub bab di bab 2 jadikan bab dibuku
  • Jika terlalu singkat pemaparannya maka dikembangkan materinya
Outline naskah bab 3
Metode penelitian tidak di sertakan dalam buku, karena buku kita adlah buku referensi,,tapi bisa di tliskan pada bab IV

Outline naskah bab IV
PTK
PAPARAN DATA DAN PENEMUAN PENELITIAN 
  • Siklus I
  • Siklus II
  • Hasil analisa respon siswa terhadap Aplikasi Real-Time Buzan Mind Map
BUKU
  • Penerapan pembelajaran dikelas(disertai foto dan keterangan foto) untuk meyakinkan pembaca bahwa kita benar-benar melaksanakan.
  • Sintaks /langkah-langkah Pembelajaran secara rinci dan jelas tiap siklus
Outline bab V
PTK
Pembahasan
  • Hasil belajar
  • Respon siswa terhadap  Aplikasi Real-Time Buzan Mind Map
BUKU
  • Peningkatan hasil belajar
  • Respon siswa terhadap pembelajaran
Dimana 2 sub bab tersebut dijadikan 1 bab dalam bentuk grafik dan tabel agar memudahkan pembaca untuk melihat apa yang kita bahas misalnya peningkatan hasil belajar,sehingga bisa melihat visualisasi dengan jelas

Outline BAB VI
PTK
PENUTUP 
  • Kesimpulan
  • saran-saran
BUKU
Sertakan semua /buat narasi tentang pentingnya pembelajaran yang diterapkan, misalnya pentingnya mind map dalam pembelajaran pada mapel lain.
Bagian terakhir dari buku adalah Follow up.

Outline dari daftar pustaka
Boleh langsung copy paste dari PTK

Outline naskah lampiran
Lampirkan RPP,kisi-kisi soal, soal tes,instrumen isian tanpa isi 


berikut ini ada 9 teknik pengembangan materi buku

  1. Bila diperlukan, ubah bahassa menjadi luwes, tidak kaku agar menjadi lebih mudah dipahami
  2. Hindari penulisan bab dan sub bab dengan penomoran yang kaku, karena dalam pembuatan PTK memiliki aturan-aturan tertentu yang memang harus diikuti,,misal bab 1 Pendahuluan(A. latar belakang masalah) dstnya.yang memang kaku/paten.berbeda dengan buku, pembaca harus lebih cenderung menikmati isi buku dibanding laporan PTK,dimana buku mengalir lebih lancar dan lebih enak dibaca.dalam pembuatan PTK menjadi buku ,bila diperlukan silahkan diberikan A,B,C,D...tapi dalam e-book beliau menggunakan aturan penulisan heading,dengan cara misalnya untuk font bab bagian atas menggunakan font ukuran 20 potong, untuk sub bab 13 potong, dan untuk sub-subnya lagi beliau memakai 11 potong
  3. Bab-bab yang dikembangkan dari bab 2 sebaiknya di pertajam dengan menggunakan kajian teori agar lebih tajam.penambahan kajian teori serta pembahasan lebih meningkatkan manfaat buku sebagai referensi. kunci sebuah buku ada dibab 2, karena di bab 2 terdapat kajian pustaka yang merupakan sebuah pendukung utama. karena buku yang akan kita buat merupakan sebuah buku referensi,jika kita mempunyai 3 bagian, misalnya(Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil belajar,Pembelajaran IPA) maka ke3 ini akan kita bagi menjadi 3 bab dibuku. dalam penambahan kajian teori serta pembahasan lebih meningkatkan manfaat buku sebagai referensi, kita akan menggunakan cara (1)ATM(amati, tiru dan modifikasi). misalnya dengan meniru model ATM yang ada di bab 2 sebuah tesis/skripsi, dengan cara mengunduhnya diinternet. Misalnya PBL yang 3 halaman kita kembangkan lagi menjadi 10 halaman, kita cari diinternet tentang Bab 2 pembelajaran berbasis massalah(PBL),silahkan diunduh karena ini akan memperkaya buku kita, kita amati apa saja pembahassan dari PBL tadi, (pengertian,sintak,kelebihan, kekurangan,karakteristikdll)kita ketik ulang dengan cara di parafrase untuk menghindari plagiat. setelah kita amati kita tiru proses berpikirnya atau kerangkanya setelah itu baru kita modifikasi dengan cara memparafrase.(2) beli buku referensi (3) Artikel jurnal yang bisa dijadikan pendukung dalam mengembangkan materi yang ada dibuku.
  4. Pada bagian awal yang dikembangkan dari bab IV( hasil penelitian dan pembahasan), berilah penjelassan bahwa uraian dalam bab tersebut ditulis berdasarkan laporan PTK.sedangkan bab 3 dijadikan sebagai pengantar saja ketika membahas tentang pembahasan di bab IV yaitu sebagai penjelas.
  5. Bab penutup diusahakan tidak lagi berisi kesimpulan dan saran . akan tetapi diarahkan pada massalah pembelajaran atau tindakan lanjut yang akan dilaksanakan oleh peneliti lain
  6. Sedapat mungkin mengurangi uraian yang menampilkan data mentah,nama responden seperti daftar nilai siswa lengkap dengan namanya
  7. Sertakan foto-foto pelaksanaan pembelajaran yang mendukung proses penerapan perlakuan agar pembaca mampu meniru pelaksanaan sintaks pembelajaran
  8. Daftar pustaka harus menyertakan pustaka baru yang menjadi sumber tulisan naskah.
  9. Kelengkapan naskah agar dapat terbit ber ISBN : Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab isi Buku, profil penulis, daftar Pustaka, sinopsis, cover belakang buku.
Semoga kita bisa membuat PTK menjadi buku .
tak ada yang tak mungkin asal mau berusaha,,, belajar sepanjang masa.. jangan berhenti untuk selalu menulis dan berkarya..

1 comment: