Betty Risnalenni
Rabu, 12 Maret 2020
Pemateri : Betty Risnalenni
Beliau adalah Kepala Sekolah, Pengurus Organisasi sekaligus pendiri sekolah TK Insan Kamil, beliau juga sebagai bendahara IGTK Kecamatan, selain di TK beliau juga di PAUD serta menjadi Sekretaris Himpaudi Kota 2 periode.
Pada tahun 2003 , TK Insan Kamil berdiri, sekolah ini mulai mengenalkan program unggulan aritmatika karena sekolah ini,sebelum didirikan oleh pendirinya ( Betty Risnalenni)didahului dengan membuat kursus.
Beliau aktif di banyak Organisasi,Menurut beliau organisasi , itu menjadi kendaraan kita untuk maju.
beliau banyak belajar dari kegiatan kegiatan organisasi. beliau sering mengikuti seminar atau dialog dialog dengan orang orang hebat. Kata pepatah, bila kita bermain dengan tukang minyak wangi kita akan kecepretan wangi. Begitu juga apabila kita berteman dengan orang pintar dan hebat, mudah2an kita juga ketularan kepintaran dan kehebatannya.
Beliau senang ikut lomba lomba.sekolahnya sangat sering mengisi kegiatan kegiatan di lingkungan sampai kegiatan nasional, sebagai contoh :mengisi kegiatan di mal mal,melakukan kegiatan melibatkan sponsor, kegiatan melibatkan dinas, serta saling sharing dengan guru guru,begitupun juga dengan lingkungannya.
Cara menjadi sekolah penggerak dan menggerakkan sekolah lainnya
Pertama,mulailah dari kita dulu. lingkungan yang terkecil..Di sekolah beliau, beliaulah yang paling gigih, beliau mengajak guru, orang tua, lingkungan dan teman teman se profesi ( guru ).supaya mereka mau diajak bergerak perlihatkanlah dahulu hasilnya seperti menang dalam mengikuti lomba dan apa dampaknya bagi kita.sebab orang lain akan tertarik kalau sudah ada hasil/bukti.Kedua,banyaklah melakukan kegiatan seperti melibatkan orang tua mengajar dalam kegiatan Hari Ultah Guru, belajar IPS bisa dengan kegiatan bulan bahasa. tujuannya supaya para siswa senang dan tidak bosan belajar hanya terpaku dalam ruang kelas saja dan berusaha mencari informasi tentang pelajaran tersebut.Ketiga,sering melakukan kegiatan belajar bersama, menularkan apa yang kita punya, Menginspirasi kepada guru-guru/ sekolah lainnya dengan menceritakan kegiatan yang kita lakukan, walau pun sulit tetapi jika sudah melihat hasilnya maka guru/ sekolah lainnya akan tertarik. misalnya mengenalkan tentang braingym jika dilaksanakan dengan ketat ya lumayan hasilnya.Keempat,ada hubungan kerjasama yang baik antara pengawas, kepala sekolah,guru-guru,siswa serta staf yang ada dilingkungan sekolah.semuanya harus tau tugas dan kewajibannya masing-masing dan kepala sekolah harus memantau semuanya.
Kesimpulan
Menjadi sekolah pengerak itu intinya bisa menbuat sekolah itu baik dan kreatif, bisa bekerja sama dengan berbagai stake holder dan bisa bermanfaat dengan banyak unsur terkait.
No comments:
Post a Comment